Soal latihan Pemrograman Dasar Kelas X Semester 1



ULANGAN AKHIR Bab 1
A.      Pilihlah salah satu jawaban yang  paling tepat
1.       Suatu susunan atau urutan langkah-langkah dalam menyelesaikan sebuah persoalan secara sistematis dan logis disebut...
a.       Taktik
b.      Strategi
c.       Algoritma
d.      Pemrograman
e.      Notasi computing
2.       Model penulisan dan perancangan algoritma menggunakan sumbol bangun ruang dalam mempresentasikan proses program disebut...
a.       Natural language
b.      Bahasa narasi
c.       Bahasa alami
d.      Pseudocode
e.      Flowchart
3.       Simbol bangun ruang berbentuk persegi panjang pada flowchart berfungsi untuk...
a.       Menggambarkan proses secara komputerisasi
b.      Menginputkan data secara manual
c.       Proses manual
d.      Tanda penghubung dalam satu halaman
e.      Tanda penghubung dalam lain pemrograman
4.       Suatu metode yang menekankan penulisan logika penyelesaian masalah menggunakan bahasa yang disamarkan dari bahasa pemrograman disebut metode penulisan ...
a.       Flowchart
b.      Pseudocode
c.       Bahasa alami
d.      Bahasa inggris
e.      Bagan alir dokumen
5.       Simbol di bawah ini yang digunakan untuk menunjukkan arah aliran proses pada flowchart adalah...
a.      






















 

b.       


c.        


d.       


e.       

                                                                                  



6.       Deretan perintah yang digunakan untuk memerintahkan mesin komputer melakukan sesuatu adalah...
a.       Bahasa pemrograman
b.      Notasi pseudocade
c.       Pemrograman
d.      Program
e.      Aplikasi
7.       Bagan berguna untuk melakukan analisis sistem dengan menggambarkan proses dalam suatu presedur program disebut bagan air...
a.       Dokumen
b.      Skematik
c.       Program
d.      Sistem
e.      Proses
8.       Jenis data yang tidak memiliki nilai pecahan adalah...
a.       Bilangan logika
b.      Bilangan bulat
c.       Bilangan real
d.      Karakter
e.      String
9.       Text Box: Read (x)
Read (y)
x  11
y   5
z  x mod y
Write (z)




Perhatikan algoritma di bawah ini.








Keluaran yang dihasilkan dari variabel z adalah...
a.       1
b.      2
c.       3
d.      5
e.      10
10.   Text Box: Read (x)
Read (y)
x  100002
y   100000
z  x mod y
Write (z)




Output yang dihasilkan dari variabel z adalah..








a.       5
b.      4
c.       3
d.      2
e.      1
B.      Jawablah pernyataan berikut ini dengan benar
1.       Apa perbedaan antara interger dengan double?
= Perbedaan sederhananya adalah interger digunakan untuk tipe data yang bernilai angka  bilangan bulat. Sedangkan double digunakan untuk data yang bernilai angka berkoma.
2.       Jelaskan pengertian algoritma dengan metode natural language, flowchart, dan pseudocode
= Natural language merupakan cara penyajian suatu algoritma yang paling sederhana dan paling mudah dimengerti.
= Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program yang menyatakan arah alur program tersebut.
= Pseudecode adalah code yang menyerupai bahasa program sesungguhnya dengan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah dan tidak ada aturan dalam penulisannya serta di tujukan untuk di baca manusia (bukan mesin)
3.       Bandingkan perancangan algoritma dengan flowchart dan pseudocode
= Flowchart merupakan algoritma yang menggunakan beberapa simbol di dalamnya seperti elips, jajar genjang, belah ketupat,dll. Sedangkan pseudecode merupakan algoritma yang menggunakan baris code
4.       Jelaskan pedoman yang harus dilakukan ketika membangun algoritma dengan flowchart
= Pedoman yang harus dilakukan ketika membangun algoritma dengan flowchart adalah sebagai berikut
- Starting and Ending Points
Setiap flowchart harus memulai awal dan akhir yang direpresentasikan dengan bentuk kotak bundar atau lonjong, dengan tulisan "Mulai/Start" dan "Selesai/End". Oleh karena sebuah proses dapat memiliki beberapa hasil yang berbeda, tergantung pada keputusan yang diambil, flowchart dapat memiliki beberapa kemungkinan endpoint, dengan bentuk lingkaran atau oval yang merepresentasikan setiap endpoint yang ada. Karena kita belum mengetahui berapa banyak space yang kita butuhkan, mulailah dengan menggambar bentuk "Start/Mulai" dan menggambar simbol "End/Selesai" paling terakhir.
- Actions in Flowchart
Bentuk kotak melambangkan sebuah aksi atau operasi yang harus dilakukan untuk dapat menuju ke langkah selanjutnya. Proses dan variabelnya ditulis didalam bentuk tersebut. Untuk input dan output, gunakan bentuk jajar genjang. Bentuk kotak tersebut biasanya mengandung kata kerja, yang menunjukkan aksi yang akan diambil.
- Connectors and Arrows of Flowchart
Garis dengan panah mengidentifikasikan alur kerja dari sebuah proses dan menghubungkan antara satu proses dengan proses yang lain.
- Common Elements
Gunakan bentuk wajik untuk melambangkan sebuah keputusan yang harus diambil. Tulis kondisi spesifik yang harus dipenuhi pada panah yang menuju ke wajik kondisi, yang biasanya memiliki nilai TRUE dan FALSE.
- Other Elements
Beberapa flowchart yang lebih kompleks dapat terdiri dari database, dokumen atau operasi manual. Silahkan lihat pada attachment gambar untuk bentuk bentuk lain dari flowchart yang dapat digunakan.






5.       Jelaskan simbol-simbol dalam membangun algoritma dengan flowchart
= Simbol-simbol dalam flowchart
-Terminator/Simbol Titik Terminal menunjukkan permulaan (start) atau akhir (stop) dari suatu proses.
-Flow Line / garis alir adalah simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lain (connecting line). Simbol ini juga berfungsi untuk menunjukkan arah aliran program.
-Processing Symbol / Simbol Proses digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukan oleh komputer. Pada bidang industri (proses produksi barang), simbol ini menggambarkan kegiatan inspeksi atau yang biasa dikenal dengan simbol inspeksi
-Decision Symbol / Simbol Keputusan merupakan simbol yang digunakan untuk memilih proses atau keputusan berdasarkan kondisi yang ada. Simbol ini biasanya ditemui pada flowchart program.
-Input-Output / Simbol Keluar-Masuk menunjukkan proses input-output yang terjadi tanpa bergantung dari jenis peralatannya.
-Connector (On-page) 
Simbol ini fungsinya adalah untuk menyederhanakan hubungan antar simbol yang letaknya berjauhan atau rumit bila dihubungkan dengan garis dalam satu halaman
-Connector (Off-page)  Sama seperti on-page connector, hanya saya simbol ini digunakan untuk menghubungkan simbol dalam halaman berbeda. label dari simbol ini dapat menggunakan huruf atau angka
-Preparation Symbol / Simbol Persiapan merupakan simbol yang digunakan untuk mempersiapkan penyimpanan di dalam storage.










Ulangan Akhir Bab 2
A.Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1. Text Box: Algoritma
 Read (x)  {masukan nilai x dari keyboard}
 Read (y) {masukan nilai y dari keyboard}
 Read (z) {masukan nilai z dari keyboard}
 Bil 5 {masukan nilai 5 kedalam variabel bil}
 If x > bil then 
  Write ( ‘Bilangan terkecil adalah ‘ , x) 
 Else if y < bil then  
  Write ( ‘Bilangan  terkecil adalah ‘, y )
 Else if z < bil then 
  Write ( ‘Bilangan terkecil adalah ‘, z )
 Else
  Write ( ‘Tidak ada bilangan yang lebih kecil dari 5’ )
 End if 
  


 









Jika nilai x, = 12, y= 10, dan z=1, output dari algoritma tersebut adalah...
a.       Bilangan  terkecil adalah 12
b.      Bilangan terkecil adalah 10
c.       Bilangan terkecil adalah 1
d.      Tidak ada bilangan  yang lebih kecil dari 5
e.      Tidak muncul pesan
2.  Perhatikan soal nomor 1. Jika algoritma tersebut digunakan untuk mencari bilangan terkecil dari x, y, z, baris yang terjadi kesalahan logika terletak pada...
                a. Read (x)
                b. if x > bil then
                c. Write ( ‘Bilangan terkecil adalah ’, y )
                d. Else if z < bil then
                e. Else if y < bil then
3. Perhatikan algoritma pencabangan berikut.
Text Box: Algoritma
 Hari   100
 Masuk   80
 Absen   ( masuk/hari ) * 100
  If ( absen > 80 ) AND
  ( absen = 80 ) then
  Status   ‘A’
 Else if ( absen < 80 ) then 
  Status  ‘C’
 End if
   Write ( status )


     



Output algoritma diatas adalah ...
a.       A
b.      C
c.       Error
d.      Tidak terjadi proses aksi pada logika pencadangan karena bernilai false semua
e.      D
4. Perhatikan script soal no. 3 jenis penulisan algoritma yang digunakan adalah...
     a. Pseudocode
     b. Bahasa inggris
     c. Bahasa alami
     d. Bagan alir dokumen
     e. Flowchart
5. Simbol berikut ini yang digunaka untuk menunjukan proses secara terkomputerisasi
     Pada flowchart adalah...                         
a.      






















 

b.       


c.        


d.       


e.       



6.       Output yang dihasilkan dari logika percabangan di bawah ini jika variabel nilai memiliki data sebesar 76 adalah...


Text Box: Status   ‘Tidak Lulus’
If (nilai > 75) OR (nilai = 75)
Then 
Status   ‘Lulus’
End if
Write(status)
 








a.       Tidak lulus
b.      Lulus
c.       Error
d.      Tidak mengerjakan statement apapun
e.      Algoritmanya salah
7.       Perhatikan algoritma berikut. Tipe data yang cocok untuk ekspresi pada struktur case adalah...
Text Box: Case hari 
 ‘1’ : write (‘Senin’)
 ‘2’ : write (‘Selasa’)
 ‘3’ : write (‘Rabu’)
 ‘4’ : write (‘Kamis’)
 ‘5’ : write (‘Jumat’)
 ‘6’ : write (‘Sabtu’)
Otherwise : write (‘Hari yang anda inputkan belum terdaftar’)


 










a.       Interger
b.      String
c.       Real
d.      Char
e.      Single
8.       Berdasarkan algoritma pada soal nomor 7, jika ekspresi variabel hari memiliki nilai ‘4’, output yang akan ditampilkan pada proses algoritma tersebut adalah...
a.       Senin
b.      Selasa
c.       Rabu
d.      Kamis
e.      Jumat
9.       Berdasarkan algoritma pada soal nomor 7, jika ekspresi variabel hari memiliki nilai ‘10’, output yang akan ditampilkan pada proses algoritma tersebut adalah...
a.       Senin
b.      Selasa
c.       Rabu
d.      Kamis
e.      Hari yang anda inputkan belum terdaftar
10.   Perhatikan algoritma di bawah ini


Text Box: Read (x)
Read (y)
X 13
Y 2
Z x mod y
Write    (z)
 







Variabel z akan bernilai 1 dari hasil operasi aritmatika bagi hasil tersebut. Bilangan x termasuk bilangan..
a.       Longint
b.      Genap
c.       Ganjil
d.      Interger
e.      Prima



B.Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar
1. Jelaskan struktur logika percabangan dengan satu kondisi
    = Jika <kondisi> bernilai benar maka pernyataan dikerjakan, sedangkan jika tidak maka pernyataan           
       tidak dikerjakan dan proses langsung keluar dari percabangan
2. Jelaskan struktur logika percabangan dengan dua kondisi
    = Pada percabangan dua kondisi ada dua pernyataan untuk kedua kondisi. Jika <kondisi> bernilai
       benar maka pernyataan 1 dikerjakan, sedangkan jika tidak (<kondisi> bernilai salah) maka
       pernyataan 2 dikerjakan.
3. Jelaskan struktur logika percabangan dengan tiga kondisi
    = Mula-mula <kondisi1> di cek nilai kebenarannya. Jika benar, maka dikerjakan pernyataan1. Jika
       salah, maka dicek nilai kebenaran <kondisi2>. Jika <kondisi2> benar maka dikerjakan pernyataan
       2
4. Jelaskan struktur logika percabangan bersarang
    = Merupakan logika if yang dimana di dalamnya terdapat juga if lainnya
5. Jelaskan struktur logika percabangan dengan case
    = Merupakan logika if yang memuat case tertentu dan apabila bernilai true salah satu case
       tersebut akan dieksekusi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menu diet